Search

5 Dokumen Penting Saat Liburan yang Wajib Kamu Bawa

5 Dokumen Penting Saat Liburan yang Wajib Kamu Bawa

Liburan menjadi aktivitas yang ditunggu-tunggu semua orang. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu liburan. Tidak jarang sebagian orang memanfaatkan waktu berliburnya untuk pergi jalan-jalan ke luar negeri atau ke tempat-tempat wisata. Nah, untuk kamu yang ingin bepergian ke luar pulau atau luar negeri menggunakan pesawat, lengkapi dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Jangan sampai melupakan dokumen penting saat liburan. Apa saja sih dokumen penting itu?

Yuk, simak artikel di bawah ini untuk mengetahui dokumen-dokumen yang wajib kamu bawa.

  1. Paspor
    Paspor adalah dokumen wajib yang harus kamu bawa jika bepergian ke luar negeri. Paspor sudah menjadi KTP internasional ketika berada di luar negeri. Kamu tidak boleh teledor ketika menyimpan paspor. Jika kehilangan paspor, sama halnya seperti kehilangan identitas di negeri orang dan pastinya kamu tidak bisa pulang dengan mudah. Tidak mau hal itu terjadi, kan? oleh karena itu, jagaah paspor dengan baik dan simpan di tempat yang aman. Jangan pernah teledor menyimpannya. Kalaupun paspor sudah terlanjur hilang, segera lapor ke pihak berwajib untuk membuat paspor baru.
  2. Visa Waiver
    Jika bepergian ke luar negeri, kamu harus mengurus visa terlebih dahulu. Visa waiver atau bebas visa menjadi incaran para backpacker Indonesia yang berencana bepergian ke luar negeri. Sayangnya, masih banyak yang beranggapan bebas visa sama halnya dengan tidak mengurus visa dan bisa langsung bepergian bermodalkan paspor. Padahal itu salah, jika kamu nekat melakukan itu siap-siap saja untuk ditolak. Sebelum berangkat, kamu harus mendaftarkan paspor ke kedutaan besar negara yang kamu kunjungi untuk mendapatkan cap dan mendapatkan stiker bebas visa. Visa yang kamu urus ini gratis dan mudah.
  3. Tiket
    Sudah dipastikan jika ingin bepergian menggunakan pesawat atau transportasi lainnya kamu harus memiliki tiket. Jangan sampai ceroboh ketika menyimpan tiket. Jika kamu kehilangan tiket, semua rencana liburanmu akan gagal total. Usahakan untuk menyimpan tiket pesawat di tempat yang aman dan mudah diingat karena tiket menjadi salah satu dokumen penting saat liburan. Kalaupun tiket sudah terlanjur hilang, kamu bisa membeli tiket yang baru itupun kalau ada. Untuk mendapatkan tiket yang baru, kamu harus merogoh kocek lebih dalam yang tentunya mengurangi jatah budget untuk membeli oleh-oleh.
  4. Health Certificate
    Health certificate atau surat tanda kesehatan juga termasuk yang penting saat bepergian ke luar negeri. Surat ini berisikan keterangan bahwa kamu bebas penyakit menular dikeluarkan oleh dokumen kesehatan. Dengan dokumen ini, kamu bisa memasuki berbagai negara tanpa penahanan atau dilakukan karantina. Biasanya jenis penyakit yang memerlukan vaksinasi dan memerlukan dokumen adalah cacar, penyakit kuning, dan cholera. Menjaga kesehatan sehari-hari penting dilakukan agar tidak terkena penyakit.
  5. Travel Insurance
    Dokumen penting lain saat liburan adalah travel insurance. Dokumen ini digunakan untuk berjaga-jaga jika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan ataupun sakit saat berlibur. Biaya perawatan dan pengobatan di luar negeri sangatlah mahal. Belum dihitung dengan biaya transportasi menuju rumah sakit, tentu akan menambah beban biaya. Jika kamu telah membeli travel insurance, semuanya akan diurus oleh pihak asuransi.

Itulah 5 dokumen penting saat liburan yang wajib kamu bawa. Sudah tahukan apa saja dokumen penting yang harus disiapkan? Tunggu apa lagi? Lengkapi dokumen liburanmu sekarang. Dokumen lengkap, liburan makin nyaman dan aman.

Selamat berlibur!