Search

5 Ciri Unik Perbedaan Backpacker dan Flashpacker

5 Ciri Unik Perbedaan Backpacker dan Flashpacker

Kamu suka travelling tetapi memiliki dana yang minim ?

Tenang kamu bisa tetap travelling dengan dana minim tersebut dengan cara backpacker-an.

Apa sih backpacker itu ?

Backpacker itu adalah tipe orang yang suka travelling dengan dana atau badget yang minim tetapi menginginkan hasil liburan yang maksimal. Istilah lainnya adalah travelling dengan gaya liburan yang sangat ngirit. Saat menjadi backpacker tentunya kamu menginginkan kepuasan dan kebahagiaan atas pengalaman yang didapatkan. Selain dikenal karena memiliki dana yang minim backpacker juga identik dengan membawa tas ransel (backpack).

Berbeda dengan istilah backpacker yang sudah lama diketahui, akhir-akhir ini muncul istilah flashpacker. Pasti banyak yang belum tahu apa itu flashpacker. Flashpacker adalah tipe orang yang suka travelling tetapi dengan gaya yang nanggung. Kenapa nanggung ? Karena mau bersenang-senang seperti turis tetapi sayang terhadap uangnya, tetapi mau ngirit seperti backpacker gak mau susah. Hmmm ribet ya.

Berikut adalah ciri unik perbedaan backpacker dan flashpacker:

  1. Budget atau dana
    Ciri yang membedakan kedua tipe traveler ini adalah pada budget atau dana yang dimiliki. Di mana backpacker terkenal karena memiliki dana yang sangat minim sehingga pada saat di lokasi travelling memilih segala sesuatunya yang murah karena harus ngirit. Karena ngirit inilah tipe backpacker selalu menikmati apa yang ditemukan di jalan. Berbeda dengan flashpacker yang memiliki level di atas backpacker. Dalam liburanya flashpacker menyiapkan dana yang besar untuk menikmati liburan yang seru dan menyenangkan.
  2. Waktu
    Biasanya backpacker dilakukan oleh traveler yang memiliki waktu libur panjang seperti mahasiswa atau pelajar. Dengan waktu liburan semester yang cukup lama kamu bisa backpacker-an dalam waktu yang dimiliki. Bisa saja menggunakan waktu seminggu sampai dua minggu untuk backpacker-an. Karena durasi backpacker-an cukup panjang maka kamu bisa blusukan ketempat-tempat terpencil bahkan ke tempat wisata dengan rute perjalanan yang sulit dan lama. Sedangkan tipe flashpacker adalah orang-orang yang kesehariannya bekerja kantoran. Sebaga pekerja kantoran tentunya memiliki waktu travelling yang sangat minim yaitu pada akhir pekan atau pada saat cuti kantor. Biasanya flashpacker memiliki waktu liburan 3-6 hari saja.
  3. Kenyamanan akomodasi
    Perbedaan backpacker dan flashpacker juga terletak pada kenyamanan akomodasi seperti penginapan. Karena waktu liburan yang minim flashpacker biasanya memilih penginapan yang nyaman. Para flashpacker umumnya memilih hotel bintang. Berbeda dengan backpacker yang mencari penginapan termurah bahkan kadang juga menginap di rumah warga. Selain itu agar mendapatkan kepuasan dalam travelling singkatnya para flashpacker juga ingin menikmati makanan khas di lokasi travelling. Makanan khas tersebut biasanya mereka dapatkan di restoran. Sedangkan para backpacker biasanya berburu makanan di warung murah di pinggir jalan.
  4. Transportasi yang digunakan
    Soal transportasi sebenarnya kedua tipe traveler ini tidak jauh berbeda, di mana keduanya akan memilih tiket dengan harga yang murah. Pada saat di lokasi travelling juga sama-sama suka menggunakan transportasi umum seperti angkot dan ojek. Untuk meminimalisir budget biasanya akan memilih tempat travelling yang searah sehingga bisa dijangkau dengan sekali perjalanan.
  5. Barang bawaan
    Barang bawaan yang dibawa para backpacker dengan flashpacker juga berbeda. Misalnya untuk mengambil gambar para backpacker hanya membutuhkan smartphone atau kamera saku. Meskipun begitu para backpacker tetap mendapatkan pengalaman yang sama berharganya. Sedangkan flashpacker biasanya membawa kamera yang lebih canggih atau bahkan DSLR. Karena para flashpacker memiliki waktu travelling yang sangat minim maka harus mengambil gambar dengan sangat bagus. Pengalaman berharga saat travelling harus diabadikan dengan baik.

Itulah 5 ciri unik perbedaan backpacker dan flaspacker yang wajib kamu ketahui. Semoga bermanfaat.