Search

5 Aturan Baru Maskapai Penerbangan yang Wajib Diketahui

5 Aturan Baru Maskapai Penerbangan yang Wajib Diketahui

Pesawat terbang merupakan salah satu alat transportasi yang banyak dipilih oleh sebagian orang untuk berpergian jauh. Ketika naik pesawat kamu harus memperhatikan peraturan-peraturan yang diberikan oleh maskapai penerbangan untuk menghindari resiko yang dapat membahayakan penumpang.

Berikut ini 5 aturan baru maskapai penerbangan yang tidak boleh diabaikan ketika naik pesawat.

Barang bawaan
Naik pesawat berbeda seperti naik bis umum di mana kamu dengan leluasa membawa barang yang diinginkan. Pada pesawat terdapat aturan barang yang tidak boleh dibawa, baik di dalam bagasi maupun kabin pesawat. Hal ini untuk meminimalisir kecelakaan selama mengudara.
Beberapa barang yang dilarang antara lain, barang-barang yang mudah terbakar dan senjata tajam. Barang-barang yang masuk bagasi usahakan tidak melebihi batas berat maksimal bagasi yang ditentukan agar berat pesawat tetap seimbang.
Ketika masuk di dalam kabin pesawat harus memperhatikan berat dan ukuran barang bawaan. Barang bawaan tidak boleh lebih dari 7 kg dengan ukuran yang tidak melebihi ukuran maksimal jinjing. Selain alasan kepraktisan, ketentuan ini tentu juga berdampak pada keamanan ketika terjadi kondisi darurat agar barang tidak terlempar dan melukai penumpang.

Power bank
Power bank dapat memicu ledakan karena tekanan udara yang begitu tinggi di dalam kabin pesawat yang sedang terbang. Itu sangat membahayakan keselamatan penumpang lain dan penerbangan. Karenanya diterbitkan peraturan baru bahwa penumpang harus menunjukkan power bank yang dibawa saat proses pemeriksaan di Security Check Point (SCP). Hal ini dilakukan untuk memeriksa apakah besaran daya power bank sesuai dengan ketentuan.
Selain itu, unit juga harus memastikan penumpang dan personel pesawat udara tidak membawa power bank yang besaran daya tidak sesuai ketentuan dan membawa baterai lithium cadangan dalam bagasi.

Ponsel dan laptop Dimatikan
Kamu diperbolehkan membawa ponsel dan laptop ke dalam kabin pesawat yang bisa kamu letakkan di sekitarmu. Namun, perlu diingat ketika pesawat sedang dalam posisi terbang, barang-barang tersebut tidak boleh diaktifkan. Boleh diaktifkan asal dalam keadaan airplane mode.
Jika kamu membiarkan gadget dalam keadaan aktif, hal tersebut dapat menganggu sinyal pesawat. Maka akan sangat membahayakan bagi keselamatan penerbangan dan diri kamu sendiri.

Zat cair harus kurang dari 100 ml
Aturan baru maskapai penerbangan selanjutnya, tidak boleh membawa cairan, jel, dan aerosol 100 ml. Jangan gunakan tempat kemasan yang menunjukkan bahwa kemasan tersebut berkapasitas 100 ml, walau isinya tidak sampai 100 ml. Barang tersebut akan tetap disita karena menggunakan wadah yang bertuliskan 100 ml.
Bawalah cairan kurang dari 100 ml dan jadikan semua cairan tersebut di dalam satu plastik yang tembus pandang dari luar. Setiap penumpang dibatasi hanya boleh membawa satu kantung plastik transparan tersebut dengan volume yang tidak boleh lebih dari 1 liter dan dimensi tidak boleh lebih besar dari 20 cm x 20 cm.

Bagasi berbayar
Sejumlah maskapai penerbangan kini telah menarik fasilitas bagasi gratis bagi penumpang. Hal ini mengharuskan kamu membeli kuota bagasi saat akan melakukan penerbangan. Tarif bagasi yang diberlakukan tiap maskapai berbeda-beda, antara lain.

  • Citilink
    Harga bagasi saat check-in, tergantung destinasi penerbangan dan berat barang. Sedangkan harga bagasi kabin gratis satu bagasi kabin dan satu barang pribadi (tas jinjing, tas laptop, hand bag) dengan berat total 7 Kg. Dimensi barang maksimal panjang 56 cm x lebar 36 cm x tinggi 23 cm.
  • Lion Air
    Lion Air memiliki fitur prepaid baggage yang bisa diakses melalui situs Lion Air, counter resmi penjualan tiket Lion Air, dan agen perjalanan. Kuota bagasi prepaid yang tersedia, yaitu kelipatan 5 kilogram dan dipesan paling lambat 6 jam sebelum waktu keberangkatan. Kamu juga bisa membayar biaya bagasi saat check-in di bandara, tapi harga bagasi prepaid biasanya lebih rendah dari harga normal.
    Harga bagasi saat check-in, tergantung destinasi penerbangan. Misalnya, penerbangan Jakarta-Surabaya, 5 kilogram dikenakan Rp 80 ribu. 10 kilogram sebesar Rp 160 ribu. Sedangkan harga bagasi bagian kabin, gratis satu bagasi kabin dan satu barang pribadi (tas jinjing, tas laptop, hand bag) dengan berat total 7 Kg. Ketentuan maksimum ukuran dimensi bagasi kabin adalah panjang 40 cm x lebar 30 cm x tinggi 20 cm.
  • Wings Air
    Harga bagasi saat check-in, tergantung destinasi penerbangan dan berat barang. Sedangkan Harga bagasi kabin gratis satu bagasi kabin dan satu barang pribadi (tas jinjing, tas laptop, hand bag) dengan berat total 7 Kg. Maksimum ukuran dimensi bagasi kabin adalah panjang 20 cm x tinggi 35 cm x lebar 30 cm.
  • Air Asia
    Bagi penerbangan domestik, Air Asia masih menyediakan bagasi gratis. Sedangkan biaya bagasi diberlakukan bagi penerbangan internasional dari Indonesia dengan harga berbeda-beda.
    Harga bagasi saat check-in, gratis hingga berat 15 kilogram. Sedangkan harga bagasi kabin, gratis satu bagasi kabin dan satu barang pribadi (tas jinjing, tas laptop, hand bag) dengan berat total 7 Kg. Barang memiliki dimensi maksimal panjang 56 cm x lebar 36 cm x tinggi 23 cm.

Demikian 5 aturan baru maskapai penerbangan yang wajib diketahui. Semoga bermanfaat.