Search

12 Tips Untuk Memasarkan Bisnis Travel Agen Secara Online

12 Tips Untuk Memasarkan Bisnis Travel Agen Secara Online
  Travel agen sekarang ini tumbuh layaknya jamur yang tumbuh di musim hujan. Bisnis jasa travel agen ini memang dirasa sangat menjanjikan, untuk penyediaan tiket pesawat terbang kini semakin mudah karena keberadaan travel agen membantu pencari tiket pesawat. Jika anda berminat membuka usaha travel agen online ini, ada beberapa tips yang perlu anda perhatikan agar bisnis travel anda bisa berkembang dengan baik:
  1. Mulai membuka blog travel
Menyediakan konten perjalanan dengan daftar dan foto-foto perjalanan atau rute perjalanan dengan harga terbaik yang anda tawarkan sebagai bahan pertimbangan konsumen dalam menentukan ide perjalanan ke depannya.
  1. Mendesain website anda untuk menarik minat konsumen
Website adalah sebagai landasan bisnis travel anda dalam mengembangkan usaha dan terus bertahan dalam bisnis travel agen diantara ketatnya persaingan. Beberapa travel agen berargumen bahwa mereka pelanggan tetap meskipun tanpa sebuah website.
  1. Mengambil keuntungan dari pemasaran afiliasi
Pemasaran afiliasi adalah salah satu usaha untuk dapat memperoleh uang dari dunia internet atau bisa juga disebut sebagai usaha untuk mencari peluang bisnis yang menghasilkan di dunia maya. Tambahkan pemasaran online pada rencana pemasaran bisnis travel agen anda, hal ini akan meningkatkan penjualan secara online.
  1. Berinteraksi dengan konsumen setelah penjualan
Tunjukkan pada konsumen anda bahwa anda peduli tentang pengalaman mereka dalam menggunakan jasa travel agen yang anda jual. Hal ini untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan bisni travel agen anda untuk dijadikan sebagai acuan dalam mengembangkan bisnis dengan lebih baik lagi.
  1. Pastikan pemasaran bisnis travel agen anda baik secara online maupun offline saling melengkapi satu sama lain.
Pemasaran secara online dan offline akan memberikan hasil yang terbaik jika saling bekerja sama satu sama lain. Gunakan spanduk, pamflet untuk mendukung pemasaran anda secara online. Selalu dorong konsumen anda untuk membuka dan mempelajari bisnis travel agen anda secara online.
  1. Memaksimalkan pencarian dalam website
Jika konsumen anda tidak dapat menemukan halaman website anda, mereka tidak ada keraguan untuk mencari website lainnya. Jangan biarkan hal tersebut terjadi. Tambahkan lebih banyak lagi tentang kata kunci yang kemungkinan lebih banyak di cari oleh konsumen anda, sebagai contoh: penerbangan murah, tiket pesawat murah. Jika anda hanya menggunakan kata kunci: penerbangan saja, tentu hal ini akan sulit dicari oleh konsumen anda.
  1. Rencanakan pemasaran dengan menyesuaikan trend pasar
Banyak perusahaan yang kurang memperhatikan trend publik. Dengan memperhatikan tempat wisata atau destinasi perjalanan yang sedang disukai oleh masyarakat untuk dikunjungi, hal tersebut akan dapat meningkatkan penjualan secara online maupun offline.
  1. Membangun hubungan yang baik dengan konsumen
Konsumen mengharapkan dapat mempercayai perusahaan travel agen yang biasa mereka pakai jasanya untuk bepergian. Tidak hanya fokus pada pemasaran saja atau diskon harga untuk mendapatkan konsumen baru. Tetapi juga diperlukan membangun hubungan yang baik dengan para konsumen, dengan memberikan review yang baik setelah menggunakan jasa travel agen anda.
  1. Menggunakan sosial media
Dengan sosial media, anda akan memiliki platform yang terhubung dengan konsumen anda. Anda dapat saling bertukar informasi dengan konsumen anda. Melalui sosial media juga anda akan dapat melakukan pemasaran secara efektif. Gunakan Facebook, Twitter, Linkedin dan sosial media lainnya untuk memaksimalkan promosi travel agen anda.
  1. Memberikan newsfeed atau informasi terbaru pada konsumen
Selalu mengupdate promo harga terbaru dengan melalui newsfeed yang secara otomatis akan terkirim pada masing-masing email konsumen. Dengan memberikan berita atau update secara rutin kepada konsumen. Memberikan harga spesial, informasi travel warning, dan tips dalam perjalanan secara rutin setiap minggu atau setiap sebulan sekali akan sangat bermanfaat bagi konsumen.
  1. Video dalam blog
Jangan membatasi blog untuk gambar dan teks saja, video juga merupakan salah satu cara yang jitu untuk memberikan informasi kepada konsumen.
  1. Mobile marketing
Pengguna telepon semakin hari semakin bertambah seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju. Namun pastikan anda mempunyai nomor telepon yang berbeda yang biasa digunakan untuk pemasaran bisnis online anda maupun untuk nomor pribadi. Hal ini untuk membedakan data-data konsumen dengan data pribadi agar tidak campur aduk. Terakhir, cara untuk menjalankan bisnis travel agen ini adalah dengan melayani konsumen sebaik mungkin. Selain harga, pelayanan terhadap konsumen juga menjadi fokus perhatian utama konsumen. Kemudian diperlukan kerja keras untuk lebih memaksimalkan pemasaran bisnis travel agen anda secara online.   Mau tahu berapa profit agen tiket pesawat? Cek di sini menggunakan CITOS Profit Simulator.