Search

Tujuh Marketing Mix Pada Bisnis Jasa Tiket Pesawat

Tujuh Marketing Mix Pada Bisnis Jasa Tiket Pesawat
Bisnis jasa pada dasarnya adalah sebuah bisnis yang tidak berwujud yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Salah satunya adalah bisnis jasa layanan tiket pesawat. Salah satu komponen penting dalam bisnis adalah maskapai penerbangan. Perusahaan maskapai penerbangan tersebut menyediakan jasa penerbangan bagi penumpang atau barang. Maskapai penerbangan menyewa atau memiliki pesawat terbang untuk menyediakan jasa transportasi. Dalam bisnis jasa tiket penerbangan, terdapat tujuh komponen marketing mix atau sering di sebut dengan bauran pemasaran atau campuran pemasaran. Bauran pemasaran adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan dalam pasar sasaran. Tujuh marketing mix pada bisnis jasa tiket pesawat sebagai berikut:
  1. Produk
Merupakan jasa yang dihasilkan untuk digunakan oleh konsumen guna memenuhi kebutuhan dan memberikan kepuasannya. Yang tergolong produk dalam bisnis jasa tiket penerbangan, antara lain: pesawat yang besar dan modern, mengutamakan keselamatan penerbangan, makanan dan minuman yang berkualitas, pelayanan bagasi yang handal dan terpercaya, tempat duduk yang luas, serta jadwal penerbangan.
  1. Harga
Komponen harga merupakan satu-satunya unsur yang dapat memberikan pendapatan dalam bisnis jasa tiket penerbangan. Hal-hal yang tergolong dalam saluran distribusi jasa tiket penerbangan antara lain: harga yang murah, tarif batas atas, tarif batas bawah, harga yang sesuai dengan kulitas penerbangan, pelayanan yang handal dan terpercaya, tempat duduk yang nyaman dan tidak sempit menjadi pertimbangan tersendiri
  1. Tempat
Berupa kegiatan pemasaran untuk mempermudah penyampaian barang dan jasa dari perusahaan ke konsumen. Antara lain: pemesanan tiket yang mudah melalui call center, kemudahan online booking, kemudahan menjangkau agen atau kantor penjualan, kemudahan dalam membayar e-ticket.
  1. Promosi
Adalah arus informasi atau persuasi satu arah yang di buat untuk mengarahkan seseorang kepada tindakan yang mengajak seseorang untuk membeli produk yang dipasarkan. Kemudahan akan informasi jadwal dan tiket penerbangan yang dikemas dalam sebuah iklan baik di media konvensional seperti koran, media elektronik maupun media online.
  1. Orang
Maksudnya adalah jasa sebagian besar diberikan oleh orang. Di antaranya dengan memberikan pelayanan yang maksimal pada konsumen, kemampuan memecahkan masalah yang dihadapi oleh konsumen, dan sikap penjualan yang ramah.
  1. Kualitas produk
Suatu kualitas jasa tiket pesawat akan selalu diamati oleh para pelanggannya. Ada banyak hal yang menjadi perhatian para konsumen. Antara lain: agen penjualan tiket yang bersih dan nyaman, kualitas pelayanan, kenyamanan pesawat ketika dalam penerbangan, dan layanan yang didapatkan oleh penumpang selama penerbangan.
  1. Proses
Hal-hal yang tergolong sebagai proses dalam bisnis jasa penjualan tiket pesawat antara lain: proses check in dan boarding yang mudah, jadwal keberangkatan dan kedatangan yang tepat waktu, serta proses pengambilan bagasi yang cepat.